Dewasa ini istilah manajemen pemasaran lebih sering dipergunakan dari pada istilah pemasaran. Hal ini disebabkan karena kegiatan pemasaran pada hakekatnya merupakan suatu pengelolaan. Jadi dapat dikatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan pengelolaan dari pada proses pemasaran. Karena itu fungsi-fungsi pokok manajemen dapat juga diterapkan pada manajemen pemasaran.
Menurut Philip Kotler (1997 : 13) Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.Sedangkan menurut Murti Sumarni dan John Soeprihanto dalam bukunya bauran pemasaran dan loyalitas pelanggan (2003 : 261) menyatakan bahwa manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membentuk dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasinya.
Dari beberapa pengertian pemasaran diatas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu proses yanb panjang dari suatu kegiatan manajemen dan dilakukan secara berkesinambungan dan memiliki arah dan tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang , yang meliputi analisis, perencanaan, pelaksanaan dan kontrol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar