Kamis, 04 Maret 2021

Jenis-Jenis Jasa

 Buchari Alma dalam bukunya Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (2000:208) mengemukakan Jenis-jenis jasa yang dapat dikelompokkan sebagai berikut:

a. personalized services

Jasa ini sangat bersifat personal, yang tdak dapat dipisahkan dari orang yang menghasilkan jasa tersebut. Oleh sebab itu pelayanannya harus langsung ditangani sendiri oleh produsennya. Pemakaian perantara dalam hal ini tidak praktis. Saluran distribusinya adalah sangat pendek, karena penjualan langsung adalah yang paling tepat.

b. financial Services

financial Services terdiri dari :


1. Banking services ( Bank )

2. Insurance services ( asuransi )

3. Investment securities ( Lembaga penanam modal )

c. Public utility and transportation services

perusahaan Public utility mempunyai monopoli secara alamiah, misalnya perusahaan listrik, air minum. Para pemakainya terdiri dari :

1. Konsumen local

2. Perkantoran dan Perdagangan

3. Industri

4. Pemda

Sedangkan dalam transportation services ialah meliputi : angkutan kereta api, kendaraan umum, pesawat udara, dsb. Pelayanan di sini ditujukan untuk angkutan penumpang dan angkutan barang

d. Entertainment

Orang yang mempunyai usaha ini bias memperoleh pendapatan yang besar karena mereka bias mempengaruhi masyarakat, melalui advertising.Yang termasuk ke dalam kelompok ini ialah : usaha-usaha dibidang olah raga, bioskop, gedung-gedung pertunjukan dan usaha-usaha hiburan lainnya

e. Hotel services

Hotel bukan merupakan suatu objek pariwisata melainkan merupakan salah satu sarana dalam bidang kepariwisataan, maka dalam hal ini hotel perlu mengadakan kegiatan bersama dengan tempat-tempat rekreasi, hiburan, travel biro, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan Utama Pelaporan Keuangan dalam rerangka Konseptual FSAB :

 1. Pelaporan keuangan harus menyediakan informasi yang bermanfaat bagi para investor dan kreditor dan pemakai lain, baik berjalan maupu...