Suatu perusahaan yang memproduksi barang dan jasa atau yang memperjualbelikan barang dalam melaksanakan aktivitasnya memerlukan pengorbanan. Pengorbanan atau biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dimaksudkan untuk mencapai atau memperoleh keuntungan atau laba yang semaksimal mungkin.
Berikut ini akan dikemukakan beberapa pengertian biaya, seperti yang dikemukakan oleh Sunarto (2002, Hal 4,), menyatakan bahwa Biaya adalah harga pokok atau bagiannya yang telah dimanfaatkan atau dikonsumsi untuk memperoleh pendapatan.
Sedangkan menurut Buchari Alma (2000, Hal 125), menyatakan bahwa Biaya adalah suatu pengorbanan untuk membuat suatu barang atau untuk memperoleh suatu barang, yang bersifat ekonomis rasional. Jadi dalam pengorbanan ini tidak boleh mengandung unsur pemborosan, sebab segala pemborosan termasuk unsur kerugian, tidak dibebankan ke harga pokok.
Sedangkan menurut Mulyadi (1999, Hal 34), menyatakan bahwa biaya dapat ditinjau dari dua segi antara lain yaitu : Pengertian biaya dalam arti luas, biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan pengertian biaya dalam arti sempit adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi untuk memperoleh penghasilan yang disebut dengan harga pokok.
Dari beberapa pengertian biaya yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa biaya merupakan pengorbanan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar