Dalam berbagai analisis keuangan, sering dihadapkan pada berbagai termiologi biaya, untuk itu perlu dibahas secara singkat penggolongan biaya, terutama yang sering digunakan dalam pembahasan managemen keuangan. Menurut Mulyadi (1998, Hal. 59) Jenis biaya dapat dibedakan atas beberapa yaitu :
1. Penggolongan biaya menurut hubungan biaya dengan sesuatu yang dibiayai, terdiri dari :
a. Biaya Langsung (direct cost) adalah biaya yang terjadi disebabkan karena adanya sesuatu yang dibiayai atau berpengaruh langsung terhadap sesuatu kegiatan.
b. Biaya Tidak Langsung (Indirect cost) adalah biaya yang tidak mempengaruhi secara langsung suatu kegiatan.
2. Penggolongan biaya menurut perilaku biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume penjualan, terdiri dari :
a. Biaya Variabel (Variabel Cost)
Biaya variabel adalah biaya yang berubah-ubah disebabkan oleh adanya perubahan jumlah hasil apabila jumlah barang yang dihasilkan bertambah, maka biaya variabelnya juga akan meningkat. Biaya variabel yang dibebankan pada masing-masing unit disebut biaya variabel rata-rata (average variable cost).
b. Biaya Tetap (Average cost)
Biaya tetap adalah biaya-biaya yang tidak berubah-ubah untuk setiap tingkatan/sejumlah hasil yang diproduksi, termasuk biaya tetap ini antara lain : gaji pimpinan, sewa gedung, dan pajak kekayaan. Pada tingkat kapasitas tertentu atau selama jangka waktu yang pendek, biaya ini tetap sama besarnya tetapi untuk jangka panjang biaya ini akan berubah menjadi biaya variabel. Biaya tetap yang dibebankan pada masing-masing unit disebut biaya tetap rata-rata (Average fixed cost).
c. Biaya Total (Total cost)
Biaya total merupakan seluruh biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan atau dengan kata lain biaya total ini merupakan jumlah dari biaya variabel dan biaya tetap. Biaya total yang dibebankan pada setiap unit disebut biaya total rata-rata (Average total cost).
3. Penggolongan Biaya Menurut Fungsi Pokok dalam Perusahaan
a. Biaya Produksi, merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang siap jual.
b. Biaya pemasaran merupakan biaya yang dikeluarkan dalam hubungannya dengan usaha untuk memenuhi pesanan dalam memasarkan hasil produksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar